SOP (STANDART OPRASIONAL PROSEDUR) PAUD
Dosen pengampu
Denok Dwi Anggaini, M.Pd
Disusun Oleh:
KELOMPOK 2
PENDIDIKAN ANAK
USIA DINI
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TRUNOJOYO MADURA
2016/2107
SOP
PENYAMBUTAN ANAK DATANG
1.
|
judul
|
Penyambutan kedatangan anak
|
2.
|
Tujuan
|
-
Membangun
kenyamanan anak dengan guru dan lingkungan (2.11)
-
Membangun
kemampuan berkomunikasi (3.11)
-
Membiasakan berkata
dan bersikap sopan dan ramah (2.14)
|
3.
|
Refrensi
|
-
Permendiknas
no. 146 tahun 2014.
-
Visi, misi,
dan tujuan Lembaga.
|
4.
|
Pihak-pihak terkait
|
Guru
sentra/area/kelompok.
|
5.
|
dokumen
|
Buku
kehadiran guru, buku kehadiran anak, jadwal piket, catatan perkembangan anak.
|
6.
|
Prosedure kerja
|
-
15 menit
sebelum anak datang, guru piket sudah siap dan berdiri di depan pintu masuk
sekolah dengan senyuman ramah.
-
Guru piket
menyapa (mengucapkan salam) dan berkomunikasi dengan anak (menanyakan kabar
dan perasaan anak hari) dengan posisi tubuh yang sejajar denagn anak.
-
Guru piket
menanyakan kepada orang tua/pengantar mengenai kondisi fisik dan perasaan
anak termasuk obat yang harus diminum bila diperlukan.
-
Bila anak
tidak diantar, guru piket secara langsung menanyakan dan mengecek keadaan
anak.
-
Catat seluru
informasi mengenai kondisi anak dan segera ambil tindakan sesuai prosedur.
-
Guru piket
mempersilahkan anak meletakkan tas diloker,melepas sepatu dan menaruhnya
dirak sepatu yang sudah disediakan.
|
SOP
PEMBUKAAN KEGIATAN HARIAN
1.
|
judul
|
Pembukaan kegiatan harian
|
2.
|
Tujuan
|
-
Membangun minat
anak dan mampu beradaptasi dengan lingkungan PAUD, mengenalkan symbol negara
dan lagu kebangsaan serta kecintaan pada tanah air.
|
3.
|
Refrensi
|
-
Permendiknas
no. 146 tahun 2014
-
Visi, misi,
dan tujuan Lembaga.
|
4.
|
Pihak-pihak terkait
|
Guru
sentra/area/kelompok.
|
5.
|
dokumen
|
RPPH
|
6.
|
Prosedure kerja
|
-
Diawali dengan
kegiata berdoa dan bernyanyi.
-
Pendidik
memberikan kesempatan pada anak untuk menceritakan pengalaman dan mendiskusikannya.
-
Pendidik
bersama anak melakukan percakapan untuk mengecek kediran sambil membiasakan
anak untuk memperhatikan dan menyebutkan temannya yang tidak masuk.
-
Biasakan
selalu untuk berbicara dengan lembut.
-
Biasakan untuk
memulai kegiatan dengan membacakan buku atau bacaan lain sesuai dengan
tema(selalu menyebutkan judul buku dan nama pengarangnya)
-
Sebelum masuk
kedalam kegiatan hari it, tanyakan kembali kegiatan yang dilakukan hari
kemarin.
-
Selalu
mendiskusikan tema,lingkup materi, kegiatan yang akan dialkuakn, serta
kosakata terkait di awal kegiatan.
-
Mendiskusikan
aturan maiberikan kesempatan keoada anak untuk memilih mainan.
|
SOP
KEGIATAN MAKAN ANAK
1.
|
judul
|
Kegiatan makan
|
2.
|
Tujuan
|
-
Membiasakan
untuk mencuci tangan (2.1)
-
Memperkenalkan
berbagai jenis makanan dan kegunaannya untuk tubuh (2.1)
-
Pengenalan
matimateka (berhitung, konsep satuke satu, bentuk,warna,rasa. dll) (3.6)
-
Membiasakan
untuk bersyukur kepada tuhan (doa) (1.2)
-
Membiasakan
untuk berbagi (2.9)
-
Membiasakan
untuk tertib. (2.6)
-
Membiasakan
untuk bertanggung jawab dengan makanan. (2.1)
-
Membiaskan
untuk bersih lingkungan. (2.1) (2.6)
-
Membiaskaan
untuk bertanggung jawab terhadap alat makan. (2.12)
|
3.
|
Refrensi
|
-
Permendiknas
no. 146 tahun 2014
-
Visi, misi,
dan tujuan Lembaga.
|
4.
|
Pihak-pihak terkait
|
Guru
kelompok.
|
5.
|
dokumen
|
Catatan
perekembangan anak.
|
6.
|
Prosedure kerja
|
-
Pastikan semua
anak sudah dalam kelompok sudah mencuci tangan denhgan bersih dan benar.
-
Pastikan semua
naak sudah ada dalam kelompoknya.
-
Anak
menghitung jumalah orang yang ada didalam kelompok dan pastikan jumlah alat
makan yang diperlukan.
-
Anak secara
bergiliran menyiapakan alat makan sesuai dengan jumlah tempat yang tersedia.
-
Pastikan semua
anak sudah duduk ditempatnya saat guru mengenalkan menu makan dan kandunagn
gizi yang dibutuhkan tubuh.
-
Apabila anak
membawa makanan dari rumah cek lah apakah makanan sudah memenuhi aturan yang
ditetapkan oleh lembaga.
-
Anak
dibiaskana untuk berbagi bekal yang dibawahnya.
-
Membiasakan
anak bersyukur atas makanan yang sudah tersedia.
-
Berdoa sebelum
makan dipimpin oleh anak secara bergantian setiap harinya, makan dengan
tertib dan tidak berceceran.
-
Anak mengambil
makanan sesuai kebutuhan dan tidak menyisakan makanan yang diambilnya.
|
SOP
KEGIATAN PIJAKAN SEBELUM BERMAIN ANAK
1.
|
Judul
|
Kegiatan Pijakan sebelum bermain anak
|
2.
|
Tujuan
|
-
Membiasakan
untuk berdoas sebelum kegiatan. (4.1)
-
Mengembangkan
kemampuan berbahasa. (kosa kata baru, mengungkapakan bahasa) (3.11)
-
Mengembangkan
sikap percaya diri. (2.5)
-
Mengembangkan
sikap menghargai orang lain yang berbicara. (2.10)
-
Mengembangkan
kemampuan fokus pada tema dan kegiatan yang dilakukan. (2.12) (3.13)
-
Membiasakan
anak disiplin mengikuti aturan. (2.6)
-
Membiasakan
berani melkukan tantangan baru. (2.2) (2.5)
|
3.
|
Refrensi
|
-
Permendiknas
no. 146 tahun 2014
-
Visi, misi,
dan tujuan Lembaga.
|
4.
|
Pihak-pihak terkait
|
Guru
sentra
|
5.
|
dokumen
|
Catatan
perkembangan anak.
|
6.
|
Prosedure kerja
|
-
Anak duduk
dalam bentuk lingkaran atau duduk merapat tetapi dalam kondisi yang tidak berdesaka, posisi
guru didepan menghadap ke anak. menyapa anak untuk memulai kegiatan.
-
Anak berdoa
sebelum melakukan kegiatan.
-
Menanyakan
perasaan anak hari itu untuk mengenal perasaan anak.
-
Memberitahukan
bila ada sesuatu yang tidak biasa terjadi hrari ini, misal ada tamu, ada guru
yang tidak masuk sehingga digasntikan oelh guru lainnya.
-
Mengenalkan
tema dan konsep hari ini dan mempersilahkan anak mengamati, bertanya tentang
tema yang dikenalkan.
-
Siapkan buku
yang sesuai dengan tema agar anak bisa mencari informasi dan bertanya yang
terkait dengan tema.
-
Membacakan
buku sesuai tema agar anak bisa membangun ide bermain.
-
Mengembangkan
kosa kata dan menayakan pendapat anak.
|
SOP
KEGIATAN ANAK SELAMA BERMAIN
1.
|
judul
|
Kegiatan selama bermain
|
2.
|
Tujuan
|
-
Membangun kemampuan
mencobakan untuk mencari tahu. (2.2)
-
Membiasakan
berani untuk melakukan tantangan baru. (2.5)
-
Mengembangkan
kemampuan fokus. (3.13) (3.14)
-
Membiasakan
untuk bekerja tuntas. (awal sampai akhir) (2.12)
-
Membiasakan
untuk melakukan kegiatan secara mandiri dan bekerja sama. (2.8) (2.10)
-
Membiasakan
untuk saling membantu antara guru dan teman. (2.9)
-
Membiasakan
untuk berbagi alat main. (2.9)
-
Mengenalkan
berbagai konsep pengetahuan (matimatika, sosial, alam,sains, bahasa,
alat/teknologi) (3.6,3.7,3.8,3.9)
-
Mengembangkan
ketrampilan membuat karya dengan berbagai alat dengan ide sendiri. (4.15)
-
Membiasakan
untuk berkata santun (menggunakan kata terimakasih, maaf,tolong). (2.14)
-
Membiasakan
untuk mengharagai karaya hasil diri dan teman. (2.10)
-
Mengemabnagkan
ketrampilan berkomunikasi. (4.11)
-
Mengembangkan
sikap percaya diri. (2.5)
-
Membiasakan
untuk bertanggung jawab. (2.12)
|
3.
|
Refrensi
|
-
Permendiknas
no. 146 tahun 2014
-
Visi, misi,
dan tujuan Lembaga.
|
4.
|
Pihak-pihak terkait
|
Guru
sentra
|
5.
|
dokumen
|
Catatan
perkembangan anak.
|
6.
|
Prosedure kerja
|
-
Melakukan
pengamatan dan membuat cacatan perkembangan anak.
-
Memberikan
waktu bermain selama (45 menit-1 jam)
-
Memberikan
pijakan dengan menggunakan kalimat tanya yang terbuka secara tepat, misal :
bangunan apa yang sedang dibangun nak?
-
Pijakan yang
diberikan harus sesuai dengan perkembangan anak.
-
Dorong anak
untuk bermain dikelompok kecil selain bermain secara mandiri.
-
Anak diberi
kesempatan untuk membuat karya denagn idenya.
-
Anak diberi
kesempatan untuk mencoba alat dan bahan main dengan caranya sendiri.
-
Anak didukung
untuk bekerja secara tuntas.
-
Anak didukung
untuk saling berbagi alat main.
-
Anak didukung
untuk mau membantu guru dan temannya.
-
Anak didukung
untuk menemukan konsep pengetahuan (matematika,
sosial,alam,sains,bahasa,alat/teknologi) melalui alat dan bahan yang
dimainkannya.
-
Membangun
kepercyaan diri anak dengan memberikan kesempatan untuk mengemukakan
gagasannya melalui alat dan bahan main yang digunakannya.
-
Mengingatkan
pada anak sisa waktu bermain.
-
Mengajak anak
untuk mmebersekan alat sesuai tempat dan jenisnya.
|
SOP
KEGIATAN PIJAKAN SETELAH BERMAIN
1.
|
judul
|
Kegiatan pijakan setelah bermain
|
2.
|
Tujuan
|
-
Membiasakan
anak berdoa sesudah melakuakn kegiatan. (4.1)
-
Membangun kemampuan
berbahasa (kosakata baru, mengungkapakan bahasa) (4.11)
-
Mengembangkan
sikap percaya diri (2.5)
-
Mengembangkan
sikpa menghargai orang lain yang berbicara. (2.7)
-
Menguatkan
konsep pengetahuan sesuai dengan tema dan RPPH yang disusun.
-
Membiasakan
untuk berkata santun (menggunakan akta terimakasih,maaf,tolong) (2.14)
-
Menggunakan
kemampuan bahasa ekspresif.
|
3.
|
Refrensi
|
-
Permendiknas
no. 146 tahun 2014
-
Visi, misi,
dan tujuan Lembaga.
|
4.
|
Pihak-pihak terkait
|
Guru
sentra
|
5.
|
dokumen
|
Catatan
perekembangan anak.
|
6.
|
Prosedure kerja
|
-
Mengajak anak
untuk duduk melingkar dan menanyakan perasaan anak setelah bermain.
-
Menanyakan
kegiatan bermain yang sudah dilakukan anak. (reccalling)
-
Anak diberi
kesempatan untuk menunjukan hasil karya, bisa dalm bentuk gambar,tulisan,bercerita.
-
Memperkuat
kembali konsep pengetahuan yang sudah didapat anak selama bermain(sesuai
dengan RPPH)
-
Memberikan
penghargaan seperti ucapan terimakasih terhadap perilaku anak yang sudah
sesuai dengan aturan
-
dan membahas
apa yang seharusnya dilakukan bila ada anak yang belum mematuhi aturan.
-
Menyampaikan
kegiatan berikutnya dan perilaku yang diharapkan pada anak untuk mengikuti
kegiatan berikutnya.
|
PENUTUPAN
Penutupan dimasudkan kegiatan akhir dihari itu.
Kegiatan penutupan untuk mereview keseluruhan kegiatan yang dilakuakn anak pada
hari tersebut. Pembiasaan penutupan minimal membiasakan:
1. Bercerita
2. Pesan-pesan
untuk dikerjakan dirumah
3. Informasi
kegiatan besok
4. Berdoa
sebelum pulang
PENJEMPUTAN
Kegiatan untuk menunggu orang tua atau yang ditunjuk
keluarga untuk kembali kerumah. Penjemputan membrntuk pembiasaan:
1. Bersabar
2. Sopan
santun
3. Berdisiplin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar