KONSEP DASAR PENELITIAN
Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan untuk
mendapatkan data atau informasi yang kita butuhkan dimana data yang telah
diperoleh tersebut akan diolah lagi menjadi suatu bentuk kumpulan hasil
penelitian dan Penelitian
dapat dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang membentuk team untuk
melakukan penelitian Proses penelitian harus mempunyai sumber penelitian
berupa benda hidup maupun
benda mati karena proses penelitian disini hanya untuk mencari informasi
mengenai sumber yang telah diteliti dan
sasaran yang disebut masalah penelitian (variabel) yang selanjutnya diangkat menjadi judul penelitian, dan
menggambarkan kaitan antar variabel atau lebih.
Didalam
penelitian adanya teori dan suatu himpunan-himpunan proporsi (pernyataan tentang satu konsep , satu variabel atau lebih)
yang berhubungan dengan konsep-konsep identifikasikan untuk menggambarkan
gejala-gejala variabel. Tujuan teori untuk menjelaskan dan merinci hubungan
anatara variabel satu dan variabel yang lain. Variabel
dari konsep variasi diantaranya variabel kategorikal dan variabel
kesinambungan. Variabel dilihat dari konsepnya adalah variabel fakta dan
variabel konstruk. Sedangkan variabel dari hubungan fungsionalnya adalah
variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y).
Dua variabel atau lebih dapat Dibandingkan atau dibedakan, apabila teoretik memang layak dibandingkan dan Dihubungkan, apabila teoretik memang layak dihubungkan. Dari kuantifikasinya variabel di
klasifikasikan menjadi variabel nominal, ordinal, interval dan rasio.
Kita dapat
menarik kesimpulan yang di maksud dengan penelitian adalah kajian yang
menggunakan metode ilmiah yang sistematis, berencana, kritis, dan teliti dalam
mengumpulkan dan menganalisis data dan selanjutnya dari data yang di dapatkan
dari penelitain tersebut kita bisa menarik kesimpulan dan pemecahan terhadap
masalah-masalah yang kita teliti atau di amati. Penelitian pendidikan mempunyai
arti sebagai kegiatan yang di arahkan kepada pengembangan pengetahuan ilmiah
tentang kejadian yang menarik didalam dunia pendidikan dengan maksud
mendapatkan fakta-fakta dan kesimpulan mengenai keadaan atau peristiwa dan
situasi dalam kegiatan pendidikan yang bersifat empiris, logis dan estetis.
Berfikir ilmiah atau reflektif dalam penelitian pendidkan adalah bagaimana cara
kita mengidentifikasikan masalah, merumuskan dan membatasi ilmiah.
Ciri khas
penelitian
± Berkisar di
seputar masalah yang ingin dipecahkan.
± Mengandung
unsur-unsur originalitas.
± Didasarkan atas
pandangan ingin tahu.
± Dilakukan secara
terbuka.
± Berdasarkan
asumsi, bahwa suatu fenomena mempunyai hukum dan pengaturan (order).
± Untuk menemukan
generalisasi atau dalil.
± Harus
menggunakan pengukuran yang akurat.
Keterbatasan penelitian
± Dapat
terjadi salah penginterpretasian.
± Sering
kali pembuat keputusan hanya mau tahu hasil akhirnya saja.
± Hasilnya
sulit untuk dipublikasikan secara luas kepada publik
± Tidak
mudah menemukan dan merumuskan masalah yang hendak diteliti
± Kurang
mendalamnnya pengetahuan dan keterampilan dalam teknik-teknik dasar penelitian
pendidikan
± Kurangnya
ketidakmampuan dalam menyakinkan bahwa model, metode, strategi yang digunakan
benar-benar
± berjalan
secara efektif dan mampu membawa perubahan positif.
Populasi dan
sampling merupakan hal yang tidak terlepas dalam penelitian. Populasi merupakan
keseluruhan unit (orang, kelompok, lembaga, organisasi, dll) yang menjadi
subjek penelitian. Sedangkan sampel merupakan bagain dari populasi. Sampel
mewakili populasi baik dalam hal karakteristik maupun jumlah. sampel ditentukan
berdasarkan acak, random, kluster, plur positif. Penyusunan lay out berupa bidang masalah teknik pengumpulan
data, sampel. sedangkan penyusunan butir pertanyaan berupa pedoman wawancara,
angket, study documenter. Pengembangan instrumen berupa seeksi soal, perbanyak
terbatas, uji coba instrument, pengolahan hasil uji coba, penyempurnaan
instrument, serta perbanyak instrument.
Metode
penelitian
± Pendekatan
penelitian yg digunakan.
± Model desain dan
pendakatan.
± Metode
pengumpulan data.
± Teknik
analisis/pengolahan data.
± Alasan/argumentasi.
± Prosedur
pelaksanaan.
Penyusunan lay
out dan butir pertanyaan
± Penyusunan lay
out /kisi-kisi instrument.
± Bidang
masalah,variabel /komponen.
± Teknik pengumpulan.
± sampel
/responden.
± Penyusunan butir Pertanyaan /pernyataan.
Pengembangan
instrumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar