Jumat, 23 Desember 2016

KONSEP DASAR PENELITIAN



KONSEP DASAR PENELITIAN
Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan data atau informasi yang kita butuhkan dimana data yang telah diperoleh tersebut akan diolah lagi menjadi suatu bentuk kumpulan hasil penelitian dan Penelitian dapat dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang membentuk team untuk melakukan penelitian Proses penelitian harus mempunyai sumber penelitian berupa benda hidup maupun benda mati karena proses penelitian disini hanya untuk mencari informasi mengenai sumber yang telah diteliti  dan sasaran yang disebut masalah penelitian (variabel) yang selanjutnya diangkat menjadi judul penelitian, dan menggambarkan kaitan antar variabel atau lebih.
Didalam penelitian adanya teori dan suatu himpunan-himpunan proporsi (pernyataan tentang satu konsep , satu variabel atau lebih) yang berhubungan dengan konsep-konsep identifikasikan untuk menggambarkan gejala-gejala variabel. Tujuan teori untuk menjelaskan dan merinci hubungan anatara variabel satu dan variabel yang lain. Variabel dari konsep variasi diantaranya variabel kategorikal dan variabel kesinambungan. Variabel dilihat dari konsepnya adalah variabel fakta dan variabel konstruk. Sedangkan variabel dari hubungan fungsionalnya adalah variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y).  Dua variabel atau lebih dapat Dibandingkan atau dibedakan, apabila teoretik memang layak dibandingkan  dan Dihubungkan, apabila teoretik memang layak dihubungkan. Dari kuantifikasinya variabel di klasifikasikan menjadi variabel nominal, ordinal, interval dan rasio.
Kita dapat menarik kesimpulan yang di maksud dengan penelitian adalah kajian yang menggunakan metode ilmiah yang sistematis, berencana, kritis, dan teliti dalam mengumpulkan dan menganalisis data dan selanjutnya dari data yang di dapatkan dari penelitain tersebut kita bisa menarik kesimpulan dan pemecahan terhadap masalah-masalah yang kita teliti atau di amati. Penelitian pendidikan mempunyai arti sebagai kegiatan yang di arahkan kepada pengembangan pengetahuan ilmiah tentang kejadian yang menarik didalam dunia pendidikan dengan maksud mendapatkan fakta-fakta dan kesimpulan mengenai keadaan atau peristiwa dan situasi dalam kegiatan pendidikan yang bersifat empiris, logis dan estetis. Berfikir ilmiah atau reflektif dalam penelitian pendidkan adalah bagaimana cara kita mengidentifikasikan masalah, merumuskan dan membatasi ilmiah.
Ciri khas penelitian
± Berkisar di seputar masalah yang ingin dipecahkan.
± Mengandung unsur-unsur originalitas.
± Didasarkan atas pandangan ingin tahu.
± Dilakukan secara terbuka.
± Berdasarkan asumsi, bahwa suatu fenomena mempunyai hukum dan pengaturan (order).
± Untuk menemukan generalisasi atau dalil. 
± Harus menggunakan pengukuran yang akurat.
Keterbatasan penelitian
± Dapat terjadi salah penginterpretasian.
± Sering kali pembuat keputusan hanya mau tahu hasil akhirnya saja.
± Hasilnya sulit untuk dipublikasikan secara luas kepada publik
± Tidak mudah menemukan dan merumuskan masalah yang hendak diteliti
±  Kurang mendalamnnya pengetahuan dan keterampilan dalam teknik-teknik dasar penelitian pendidikan
± Kurangnya ketidakmampuan dalam menyakinkan bahwa model, metode, strategi yang digunakan benar-benar
±  berjalan secara efektif dan mampu membawa perubahan positif.
Populasi dan sampling merupakan hal yang tidak terlepas dalam penelitian. Populasi merupakan keseluruhan unit (orang, kelompok, lembaga, organisasi, dll) yang menjadi subjek penelitian. Sedangkan sampel merupakan bagain dari populasi. Sampel mewakili populasi baik dalam hal karakteristik maupun jumlah. sampel ditentukan berdasarkan acak, random, kluster, plur positif.  Penyusunan lay out  berupa bidang masalah teknik pengumpulan data, sampel. sedangkan penyusunan butir pertanyaan berupa pedoman wawancara, angket, study documenter. Pengembangan instrumen berupa seeksi soal, perbanyak terbatas, uji coba instrument, pengolahan hasil uji coba, penyempurnaan instrument, serta perbanyak instrument.
Metode penelitian
±  Pendekatan penelitian yg digunakan.
±  Model desain dan pendakatan.
±  Metode pengumpulan data.
±  Teknik analisis/pengolahan data.
±  Alasan/argumentasi.
±  Prosedur pelaksanaan.

 Penyusunan lay out dan butir pertanyaan

±  Penyusunan lay out /kisi-kisi instrument.
±  Bidang masalah,variabel /komponen.
±  Teknik pengumpulan.
±  sampel /responden.
±  Penyusunan  butir Pertanyaan /pernyataan.
Pengembangan instrumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar