RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Perkembangan Kognitif dan motorik (konsep
matematika, bentuk, warna dan angka)
Satuan
Pendidikan : PAUD CEMPAKA
Kelas/Semester : A/1
Waktu : 07.30-10.15 WIB
Kompetensi
Dasar :
Mengenal
konsep matematika ( bentuk, warna, dan angka)
Indikator
:
1. Menyatakan
dan membedakan bentuk,warna dan menghitung angka.
2. Mengetahui
beberapa jenis bentuk, warna dan menghitung angka.
3. Mengetahui
dan membedakan bentuk, warna dan menghitung angka.
Materi
Standar :
1. Bentuk
(lingkaran dan segitiga)
2. Warna
-warna
3. Angka
(mengitung 1-10)
Metode
pembelajaran :
1. Bermain
2. Bernyanyi
Kegiatan
Pembelajaran :
1. Kegiatan
awal (pembukaan)
a.
Salam pembuka
dan berdoa, serta menanyakan keadaan/kabar peserta didik.
b.
Menanyakan
konsep sederhana tentang matematika.
2. Kegiatan
inti (pencapaian kompetensi)
a.
Guru melakukan
ceramah menyebutkan bentuk-bentuk dan warna serta menghitung angka.
b.
Guru mengajak
peserta didik untuk bermain mengenalkan bentuk-bentuk, warna dan menghitung
angka.
c.
Guru bercerita tentang bentuk-bentuk, warna
dan angka.
3. Kegiatan
akhir (penutup)
a.
Guru membentuk
dan memantapkan sikap peserta didik terhadap kompetensi yang telah dipelajari.
b.
Guru melakukan
posttes atau tanya jawab secara lisan.
Sumber
Belajar :
1. Buku
ajar/paket, dll
2. Media
pembelajaran/ alat peraga untuk menunjukkan bentuk, warna dan angka.
Penilaian
:
1. Observasi
: guru mengamati peserta didik pada saat pembelajaran.
2. Tes
lisan : guru bertanya kepada peserta didik tentang kompetensi materi yang di
ajarkan.
3. Portofolio
: guru mendokumentasikan segala aktivitas peserta untuk di jadikan bahan
penilaian akhir.
Bangkalan, 27 november 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Pengajar
(......................) (.......................)
RENCANA
KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK : A
SEMESTER/MINGGU : I/2
TEMA/SUBTEMA : konsep matematika/ berhitung, bentuk,warna
HARI/TANGGAL : jum’at, 27 november 2015
WAKTU : 07.30-10.15 WIB
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMEBELAJARAN
|
SUMBER BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
-Mengikuti
aturan.
-Berdoa
sebelum malakukan kegiatan.
-mendengarkan
penjelasan sederhana guru.
-mengerjakan
tugas yang diberikan guru.
-
bernyanyi mengenai konsep matematika.
-bermain
dengan berbagi alat educatif.
|
Senam sehat
ceria 15 menit
1.Kegiatan
Awal 30 menit (klasikal)
-
salam, berdoa dan bernyanyi.
-
menceritakan konsep matematika.
2.Kegiatan
Inti 60 menit
-
Pengenalan bentuk,warna dan
angka.
-
Pemberian tugas menebali
gambar, bentuk dan angka
-
Menyanyikan 1 lagu konsep
matematika
-
Bermain dengan alat
edukatif (permainan berbagai macam
bentuk, warna dan angka)
|
Musik
Peserta
langsung
buku cerita.
Buku
paket bergambar
Lembar
kerja siswa (LKS)
Permainan
educatif
|
Observasi
Observasi
Percakapan
Percakapan
Penugasan
hasil karya
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
Untuk
hasil di beri tanda bintang sesuai perkembangan yang di capai
|
3.Istirahat/makan
30 menit
-
Mencuci tanagn, berdoa sebelum
dan sesudah makan.
-
Bermain.
|
Air,
serbet, bekal makan.
Alat bermain.
|
|
|
|
|
4.Kegiatan
akhir 30 menit
-
Menyanyi lagu konsep
matematika.
-
Diskusi tentang kegiatan
bentuk-bentuk, warna dan nagka.
-
Doa pulang dan salam.
|
|
Unjuk kerja
|
|
Bangkalan, 27 november 2015
Mengetahui
Kepala
TK/PAUD Guru Kelas
(.........................) (......................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar