Sabtu, 24 Desember 2016

LAPORAN OBSERVASI MEDIA PEMBELAJARAN DI TK PERMATA BUNDA DI DSN. DONGENG DS. JOGOROTO KEC.JOMBANG



KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur saya panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyusun dan menyelsaikan tugas Laporan observasi tepat pada waktunya sebagai persyaratan KRS pada semester 4.
Dalam penyusunan Laporan ini,saya banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan semangat dan usaha saya akhirnya saya dapat menyelsaiakan tugas Laporan  ini. Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan ini,
Saya menyadari bahwah Laporan ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktik dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan Laporan selanjutnya. Dan semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


Jombang, Februari,2016


Penyusun





ABSTRAK
Pendidikan saat ini sudah tidak asing lagi dengan media pembelajaran, baik di kalangan pendidikan yang paling dasar sampai menenga atas. Hal yang menjadi perkara bukannlah berkembangnya media pembelajaran, tetapi bagaimana media tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada seorang siswa secara nyaman. Khusunya pada Pendidikan AUD. Anak usia dini sangat menyukai bermain dengan media yang menyenangkan, maka perkenalan bahan ajar akan tercapai secara maksimal. Hal ini yang melatar belakangai saya untuk membuat suatu kreativitas dalam media pembelajaran yang sesuai materi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran. Media yang saya gunakan dalam pelaksannan praktik mengajar di TK Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang berkonsep menganyam dan menjahit yang saya buat dari bahan karpet untuk media menganyam dan kertas yang saya bentuk dengan manarik agar asiswa siswi yang ada tk permata bunda menyukai bermain dengan media yang saya gunakan. Tujuan dari praktik media pembelajaran yang saya buat adalah untuk mengembangkan dan melatih tingkat perkembangan motorik halus siswa siswi tk permata bunda. Dari hasil praktek Media yang saya buat berkonsep menganyam dan menjahit dalam proses pembelajaran saya mengetahui bagaimana tingkat perkembangan motorik halus siswa siswi tk permata bunda saat menganyam dan menjahit.
Kata kunci : media pembelajaran, menganyam dan menjahit







DAFTAR ISI
HALAM JUDUL ................................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................. ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................... 1
RINGKASAN/ABSTRAK ................................................................................. 2
DAFTAR ISI ....................................................................................................... 3
DAFTAR TABEL ............................................................................................... 4
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................  5
BAB I (PENDAHULUAN) ...............................................................................  6
A.    Latar Belakang ....................................................................................... 7
B.    Tujuan Pelaksanaan Kegiatan ................................................................ 8
C.    Manfaat .................................................................................................. 8
BAB II (PEMBAHASAN) ................................................................................ 8
A.    Gambaran Tentang Sekolah .................................................................. 9
B.    Media Pembelajaran ............................................................................. 10
C.    Hasil praktik Media dalam Kegiatan Pembelajaran ............................. 11
BAB III (PENUTUP) ....................................................................................... 13
A.    Simpulan .............................................................................................. 13
B.    Saran .................................................................................................... 13
LAMPIRAN DOKUMENTASI ...................................................................... 14




DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 hasil kerja beberapa siswa siswi TK Permata Bunda
Nama
Hasil
Nadia
Bagus
Marcel
Bagus
Hisyam
Bagus
Dewi
Kurang bagus
Fina
Bagus
Sendy 
Kurang bagus
Bintang
Kurang bagus

Tabel 1.2  daftar sarana prsarana yang ada disekolah
Nama barang
Meja dan kursi untuk belajar
Papan tulis dan peralatan tulis
Buku dan kitab untuk belajar
Permainan APE (balok kayu,dll)
Peralatan musik gamelan
Taman bermain
Alat untuk mencocok,menggunting







DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Media Pembelajaran Mengayam
Gambar 1.2 Media Pembelajaran Menjahit

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Proses pemebelajaran bisa didapat dari berbagi macam sumber yang dapat menunjang keberhasilan dalam menyampaikan materi yang akan di sampaikan oleh pendidik kapada muridnya. Selain itu  saat ini stategi pembelajaran  untuk menakomodasikan kebutuhan belajar yang semakin beragam menjadi faktor utama yang mengaharuskan seorang pendidik atau calon pendidik harus lebih mengetahui dan memiliki pengetahuan yang luas untuk lebih meningktkan kinerja mengajar yang lebih kreatif inovtif dan menyenangkan sehingga murid akan lebih mudah menyerap materi yang disampaikan oleh gurunya.
Pendidikan saat ini sudah tidak asing lagi dengan media pembelajaran, baik di kalangan pendidikan yang paling dasar sampai menenga atas. Hal yang menjadi perkara bukannlah berkembangnya media pembelajaran, tetapi bagaimana media tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada seorang siswa secara nyaman. Khusunya pada Pendidikan AUD. Anak usia dini sangat menyukai bermain dengan media yang menyenangkan, maka perkenalan bahan ajar akan tercapai secara maksimal. Adapun media pembelajaran yang menarik dan yang dapat menunjang proses pembelajaran pada PAUD yakni media pembelajaran yang kami buat dengan konsep memgayam dan menjahit.
Dengan begitu media pembelajaran akan mempermudah siswa dalam pembelajaran dari isi konsep tersebut. Para sisiwa sekarang menyukai hal-hal yang menarik. Dilihat dari kegiatan pembelajaran dalam pendidikan saat ini hanya memberiakan pembelajaran yang monoton. Maka dari itu media pembelajaran dapat memperbaruhi media pembelajaran untuk menarik perhatian para siswa. Hal ini yang melatarbelakangai kami untuk membuat suatu kreativitas dalam media pembelajaran yang berkonsep menganyam dan menjahit untuk meningkatakan dan mengembangkan perkembangan motorik halus anak.
B.    TUJUAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1.     Agar dapat memperbarui media pembelajaran yang lebih kreativ dan inovatif
2.     Agar anak lebih tertarik belajar dan proses pembelajaran lebih menyenangakan.
C.    MANFAAT
1.     Sebagai penunjang perkembangan motorik halus siswa siswi TK Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang
2.     Dapat meningkatakan perkembangan motorik halus pada siswa siswi TK Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang


















BAB II
PEMBAHASAN

D.    GAMBARAN TENTANG SEKOLAH
TK Permata Bunda terletak Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang. Terdiri dari 1 ruang kantor kepala sekolah dan 3 kelas yaitu kelas TK A dengan jumlah 19 siswa, TK B dengan jumlah 13 siswa  dan PAUD dengan jumlah 10 siswa. Kamar mandi terletak dibagian belakang kantor kepala sekolah. Tk ini mempunyai halaman yang cukup luas dan di tempati sebagai taman bermain seperti, ayunan, jungkitan dan seluncuran. Tk permata bunda mempunyai jumlah guru sekitar 7 orang guru yang dibagi menjadi 3 kelas dan ada 2 orang guru di setiap kelasnya. Tk permata bunda di pimpin oleh ibu biddah sebagai kepalah sekolah dan 6 guru lainnya untuk mengajar.
Sarana prasarana yang ada di sekolah TK Permata Bunda sudah cukup memadai di antaranya sarana inti dan sarana pelengkap, seperti meja dan tempat duduk siswa siswi , papan tulis dan peralatan  tulisnya. Rak atau loker tempat buku , permainan APE (alat permaiana edukasi) seperti balok dan lain-lain. Selain itu sarana pelengkap seperti beberapa media pembelajaran dan hiasan ruang kelas,alat untuk proses pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan di sampaiakan pada proses pembelajaran  seperti alat untuk mencocok,mengunting dan menempel.
Jam masuk sekolah pada pukul 07:30 dan jam  pulang sekolah pada pukul 09:00. Kegiatan awal adalah berbaris dan senam di halamn sekolah (outdoor) , setelah senam masuk pada kegiatan inti didalam kelas (indoor) yaitu proses pembelajaran, kegiatan selanjutnya adalah jam istirahat dan selanjutnya jam  pulang. Setelah itu pada kelas TK A ada jam tambahan belajar 3 hari dalam 1 minggu yaitu pada hari senin-rabu setelah jam pulang sekolah. Ada jadwal pembelajaran tersendiri pada Kegiatan dari hari senin sampai sabtu pada proses pembelajaran. Seperti pada hari jum’at siswa siswi tk permata bunda belajar di luar ruanagan atau uotdoor yang bereksplorasi pada lingkunga sekitar sekolah atau bisa lebih jauh ke tempat-tempat tujuan yang sesuai dengan materi pembelajaran. Karena dari proses pembelajaran yang di adakan di luar ruangan akan timbul proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi semua situasi yang ada disekitar individu, proses berbuat melalui pengalaman. (proses atau interaksi dalam diri individu atau dengan orang lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan baik dalam segi kognitif, afektif dan meliputi psikomotorik karena melihat secara langsung dilingkunag sekitarnya kemudian mampu menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan/masyarakat atau untuk memecahkan masalah yang ada.  TK Permata Bunda menggunakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemeritah.
E.     MEDIA PEMBELAJARAN
3.     Media pembelajaran yang saya gunakan berkonsep menganyam dan menjahit. Kami membuat media pembelajaran berbahan karpet yang kami bentuk persegi sebagai alas atau tempat menganyam dan berbentuk panjang sebagai komponen untuk menganyam dan media menjahit kami membuat dari kertas yang kami gunting berbagai bentuk baju yang setiap sisi di beri lubang sebagai tempat jahitan dengan mneggunakan pita sebagai benang yang digunakan untuk menjahit dengan tangan. Cara menggunakan media pembelajaran tersebut kami memberi instruksi kepada siswa siswi TK Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang bagaimana cara memakai media tersebut.
4.     Tujuan dari media pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatakan dan melati perkembanagn motorik halus anak, karena cara memakai atau apliakasi media pembelajaran tersebut lebih dominan memakai gerakan tangan dan jari-jari tangan, sehingga dari media tersebut kami berharap agar dapat menunjang tingkat perkembangan fisik tepatnya gerak motorik halus pada siswa siswi TK Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang


F.     HASIL PRAKTI MEDIA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
5.     Dari kegiatan pelaksanaan media pembelajaran di TK Permata Bunda Dsn.Dongeng Ds.Jogoroto Kec.Jombang saya mengamati dari masing-masing perkembangan motorik halus yang berbeda-beda dari setiap siswa siswi. Selain itusayai juga mengetahui bagaimana cara meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak dengan menggunakan media pembelajaran yang bisa membantu perkembanagan motorik halus pada anak. selanjutnya kami mengetahui bahwa setiap kecerdasan dan Kemampuan anak untuk menyelesaikan dan menemukan solusi masalah dalam kehidupan nyata, Kemampuan menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk diselesaikan karena pada praktik pelaksanaan media pembelajaran menganyam dan menjahit tersebut siswa siswi di tk permata bunda melakukan dan menyelsaikan tugas yang kami berikan untuk menganyam dan menjahit dengan menggunakan media pembelajaran tersebut. Kami melihat dari hasil anyaman dan jahitan dari setiap siswa siswi yang berbeda-beda tersebut.














BAB III
PENUTUP

D.    SIMPULAN
Pembelajaran pada paud Penyelenggaraan diorientasikan pada memberikan layanan & memperkenalkan lebih awal pada anak-anak tentang proses belajar. Proses pembelajaran bisa didapat dari berbagai macam sumber yang dapat menunjang keberhasilan dalam menyampaikan materi yang akan di sampaikan oleh pendidik kapada muridnya seperti media pembelajaran. Di  TK Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang kami menggunakan media pembelajaran dengan konsep menganyam dan menjahit yang terbuat dari bahan karpet dan kertas yang kami bentuk dan hias sesuai konsep yang kami kenalkan yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan motorik halus siswa siswi yang ada di TK Permata Bunda. Dari hasil praktik media tersebut saya mengetahui hasil kerja dari bebrapa anak yang memang perkembangan motorik halusnya berbeda-beda sesui hasil kerja yang siiwa siswi lakukan.
E.     SARAN
1.     Mahasiswa/Mahasiswi
Mahasiswa/Mahasiswi harus lebih belajar Mengenal dan mendalami lagi tentang karakteristik  pembelajaran Anak usia dini dan lebih meningkatkan kreativitas untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif karena sangat berguna bagi calon pendidik PAUD dimasa yang akan datang.
2.     Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Guru seharusnya juga harus lebih belajar meningkatkan kreativitas dan kinerja mengajar yang lebih kreatif agar anak lebih tertarik untuk belajar dengan menyenangkan karena mengingat kebutuhan belajar pada siswa yang semakin beragam oleh karena itu semakin luas pengetahuan dan wawasan sebagai pendidik PAUD

LAMPIRAN DOKUMENTASI
   


     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar