KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur saya panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang
Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat
menyusun dan menyelsaikan tugas Laporan observasi tepat pada waktunya sebagai
persyaratan KRS pada semester 4.
Dalam penyusunan Laporan ini,saya banyak mendapat
tantangan dan hambatan akan tetapi dengan semangat dan usaha saya akhirnya saya
dapat menyelsaiakan tugas Laporan ini.
Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang
telah membantu dalam penyusunan Laporan ini,
Saya menyadari bahwah Laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktik
dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan Laporan selanjutnya. Dan
semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Jombang,
Februari,2016
Penyusun
ABSTRAK
Pendidikan saat ini
sudah tidak asing lagi dengan media pembelajaran, baik di kalangan pendidikan
yang paling dasar sampai menenga atas. Hal yang menjadi perkara bukannlah
berkembangnya media pembelajaran, tetapi bagaimana media tersebut dapat
memberikan pengetahuan kepada seorang siswa secara nyaman. Khusunya pada
Pendidikan AUD. Anak usia dini sangat menyukai bermain dengan media yang
menyenangkan, maka perkenalan bahan ajar akan tercapai secara maksimal. Hal ini
yang melatar belakangai saya untuk membuat suatu kreativitas dalam media
pembelajaran yang sesuai materi yang akan disampaikan dalam proses
pembelajaran. Media yang saya gunakan dalam pelaksannan praktik mengajar di TK
Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang berkonsep menganyam dan menjahit
yang saya buat dari bahan karpet untuk media menganyam dan kertas yang saya
bentuk dengan manarik agar asiswa siswi yang ada tk permata bunda menyukai
bermain dengan media yang saya gunakan. Tujuan dari praktik media pembelajaran
yang saya buat adalah untuk mengembangkan dan melatih tingkat perkembangan
motorik halus siswa siswi tk permata bunda. Dari hasil praktek Media yang saya
buat berkonsep menganyam dan menjahit dalam proses pembelajaran saya mengetahui
bagaimana tingkat perkembangan motorik halus siswa siswi tk permata bunda saat
menganyam dan menjahit.
Kata kunci : media pembelajaran, menganyam dan
menjahit
DAFTAR
ISI
HALAM JUDUL
.................................................................................................
i
HALAMAN PENGESAHAN
.............................................................................
ii
KATA PENGANTAR
.........................................................................................
1
RINGKASAN/ABSTRAK
.................................................................................
2
DAFTAR ISI
.......................................................................................................
3
DAFTAR TABEL
...............................................................................................
4
DAFTAR GAMBAR
......................................................................................... 5
BAB I (PENDAHULUAN)
............................................................................... 6
A. Latar
Belakang .......................................................................................
7
B. Tujuan
Pelaksanaan Kegiatan ................................................................
8
C. Manfaat
..................................................................................................
8
BAB II (PEMBAHASAN)
................................................................................
8
A. Gambaran
Tentang Sekolah ..................................................................
9
B. Media
Pembelajaran .............................................................................
10
C. Hasil
praktik Media dalam Kegiatan Pembelajaran ............................. 11
BAB III (PENUTUP)
.......................................................................................
13
A. Simpulan
..............................................................................................
13
B. Saran
....................................................................................................
13
LAMPIRAN DOKUMENTASI ......................................................................
14
DAFTAR
TABEL
Tabel 1.1 hasil kerja
beberapa siswa siswi TK Permata Bunda
Nama
|
Hasil
|
Nadia
|
Bagus
|
Marcel
|
Bagus
|
Hisyam
|
Bagus
|
Dewi
|
Kurang
bagus
|
Fina
|
Bagus
|
Sendy
|
Kurang
bagus
|
Bintang
|
Kurang bagus
|
Tabel
1.2 daftar sarana prsarana yang ada
disekolah
Nama barang
|
Meja dan kursi untuk
belajar
|
Papan tulis dan
peralatan tulis
|
Buku dan kitab untuk
belajar
|
Permainan APE (balok
kayu,dll)
|
Peralatan musik gamelan
|
Taman bermain
|
Alat untuk mencocok,menggunting
|
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
1.1 Media Pembelajaran Mengayam
Gambar
1.2 Media Pembelajaran Menjahit
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Proses pemebelajaran bisa didapat
dari berbagi macam sumber yang dapat menunjang keberhasilan dalam menyampaikan
materi yang akan di sampaikan oleh pendidik kapada muridnya. Selain itu saat ini stategi pembelajaran untuk menakomodasikan kebutuhan belajar yang
semakin beragam menjadi faktor utama yang mengaharuskan seorang pendidik atau
calon pendidik harus lebih mengetahui dan memiliki pengetahuan yang luas untuk
lebih meningktkan kinerja mengajar yang lebih kreatif inovtif dan menyenangkan
sehingga murid akan lebih mudah menyerap materi yang disampaikan oleh gurunya.
Pendidikan saat ini sudah tidak
asing lagi dengan media pembelajaran, baik di kalangan pendidikan yang paling
dasar sampai menenga atas. Hal yang menjadi perkara bukannlah berkembangnya
media pembelajaran, tetapi bagaimana media tersebut dapat memberikan
pengetahuan kepada seorang siswa secara nyaman. Khusunya pada Pendidikan AUD.
Anak usia dini sangat menyukai bermain dengan media yang menyenangkan, maka
perkenalan bahan ajar akan tercapai secara maksimal. Adapun media pembelajaran
yang menarik dan yang dapat menunjang proses pembelajaran pada PAUD yakni media
pembelajaran yang kami buat dengan konsep memgayam dan menjahit.
Dengan begitu media pembelajaran
akan mempermudah siswa dalam pembelajaran dari isi konsep tersebut. Para sisiwa
sekarang menyukai hal-hal yang menarik. Dilihat dari kegiatan pembelajaran
dalam pendidikan saat ini hanya memberiakan pembelajaran yang monoton. Maka
dari itu media pembelajaran dapat memperbaruhi media pembelajaran untuk menarik
perhatian para siswa. Hal ini yang melatarbelakangai kami untuk membuat suatu
kreativitas dalam media pembelajaran yang berkonsep menganyam dan menjahit
untuk meningkatakan dan mengembangkan perkembangan motorik halus anak.
B. TUJUAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Agar
dapat memperbarui media pembelajaran yang lebih kreativ dan inovatif
2. Agar
anak lebih tertarik belajar dan proses pembelajaran lebih menyenangakan.
C. MANFAAT
1. Sebagai
penunjang perkembangan motorik halus siswa siswi TK Permata Bunda Dsn. Dongeng
Ds. Jogoroto Kec.Jombang
2.
Dapat
meningkatakan perkembangan motorik halus pada siswa siswi TK Permata Bunda Dsn.
Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang
BAB II
PEMBAHASAN
D. GAMBARAN
TENTANG SEKOLAH
TK Permata Bunda
terletak Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang. Terdiri dari 1 ruang kantor
kepala sekolah dan 3 kelas yaitu kelas TK A dengan jumlah 19 siswa, TK B dengan
jumlah 13 siswa dan PAUD dengan jumlah
10 siswa. Kamar mandi terletak dibagian belakang kantor kepala sekolah. Tk ini
mempunyai halaman yang cukup luas dan di tempati sebagai taman bermain seperti,
ayunan, jungkitan dan seluncuran. Tk permata bunda mempunyai jumlah guru
sekitar 7 orang guru yang dibagi menjadi 3 kelas dan ada 2 orang guru di setiap
kelasnya. Tk permata bunda di pimpin oleh ibu biddah sebagai kepalah sekolah
dan 6 guru lainnya untuk mengajar.
Sarana prasarana yang ada di
sekolah TK Permata Bunda sudah cukup memadai di antaranya sarana inti dan
sarana pelengkap, seperti meja dan tempat duduk siswa siswi , papan tulis dan
peralatan tulisnya. Rak atau loker tempat
buku , permainan APE (alat permaiana edukasi) seperti balok dan lain-lain. Selain
itu sarana pelengkap seperti beberapa media pembelajaran dan hiasan ruang
kelas,alat untuk proses pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan
di sampaiakan pada proses pembelajaran seperti alat untuk mencocok,mengunting dan
menempel.
Jam masuk sekolah pada pukul 07:30
dan jam pulang sekolah pada pukul 09:00.
Kegiatan awal adalah berbaris dan senam di halamn sekolah (outdoor) , setelah
senam masuk pada kegiatan inti didalam kelas (indoor) yaitu proses
pembelajaran, kegiatan selanjutnya adalah jam istirahat dan selanjutnya
jam pulang. Setelah itu pada kelas TK A
ada jam tambahan belajar 3 hari dalam 1 minggu yaitu pada hari senin-rabu
setelah jam pulang sekolah. Ada jadwal pembelajaran tersendiri pada Kegiatan
dari hari senin sampai sabtu pada proses pembelajaran. Seperti pada hari jum’at
siswa siswi tk permata bunda belajar di luar ruanagan atau uotdoor yang
bereksplorasi pada lingkunga sekitar sekolah atau bisa lebih jauh ke
tempat-tempat tujuan yang sesuai dengan materi pembelajaran. Karena dari proses
pembelajaran yang di adakan di luar ruangan akan timbul proses perubahan
perilaku secara aktif, proses mereaksi semua situasi yang ada disekitar
individu, proses berbuat melalui pengalaman. (proses atau interaksi dalam diri
individu atau dengan orang lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan baik dalam
segi kognitif, afektif dan meliputi psikomotorik karena melihat secara langsung
dilingkunag sekitarnya kemudian mampu menerapkan ilmu tersebut dalam
kehidupan/masyarakat atau untuk memecahkan masalah yang ada. TK Permata Bunda menggunakan pembelajaran
sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemeritah.
E. MEDIA
PEMBELAJARAN
3. Media
pembelajaran yang saya gunakan berkonsep menganyam dan menjahit. Kami membuat media
pembelajaran berbahan karpet yang kami bentuk persegi sebagai alas atau tempat
menganyam dan berbentuk panjang sebagai komponen untuk menganyam dan media
menjahit kami membuat dari kertas yang kami gunting berbagai bentuk baju yang
setiap sisi di beri lubang sebagai tempat jahitan dengan mneggunakan pita
sebagai benang yang digunakan untuk menjahit dengan tangan. Cara menggunakan
media pembelajaran tersebut kami memberi instruksi kepada siswa siswi TK
Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang bagaimana cara memakai
media tersebut.
4. Tujuan
dari media pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatakan dan melati
perkembanagn motorik halus anak, karena cara memakai atau apliakasi media
pembelajaran tersebut lebih dominan memakai gerakan tangan dan jari-jari
tangan, sehingga dari media tersebut kami berharap agar dapat menunjang tingkat
perkembangan fisik tepatnya gerak motorik halus pada siswa siswi TK Permata
Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto Kec.Jombang
F. HASIL
PRAKTI MEDIA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
5. Dari
kegiatan pelaksanaan media pembelajaran di TK Permata Bunda Dsn.Dongeng
Ds.Jogoroto Kec.Jombang saya mengamati dari masing-masing perkembangan motorik
halus yang berbeda-beda dari setiap siswa siswi. Selain itusayai juga
mengetahui bagaimana cara meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak
dengan menggunakan media pembelajaran yang bisa membantu perkembanagan motorik
halus pada anak. selanjutnya kami mengetahui bahwa setiap kecerdasan dan Kemampuan anak untuk menyelesaikan dan menemukan solusi masalah dalam
kehidupan nyata, Kemampuan
menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk diselesaikan
karena pada praktik pelaksanaan media pembelajaran menganyam dan menjahit
tersebut siswa siswi di tk permata bunda melakukan dan menyelsaikan tugas yang
kami berikan untuk menganyam dan menjahit dengan menggunakan media pembelajaran
tersebut. Kami melihat dari hasil anyaman dan jahitan dari setiap siswa siswi
yang berbeda-beda tersebut.
BAB III
PENUTUP
D. SIMPULAN
Pembelajaran pada paud Penyelenggaraan
diorientasikan pada memberikan layanan & memperkenalkan lebih awal pada anak-anak
tentang proses belajar. Proses pembelajaran bisa didapat dari berbagai macam
sumber yang dapat menunjang keberhasilan dalam menyampaikan materi yang akan di
sampaikan oleh pendidik kapada muridnya seperti media pembelajaran. Di TK Permata Bunda Dsn. Dongeng Ds. Jogoroto
Kec.Jombang kami menggunakan media pembelajaran dengan konsep menganyam dan
menjahit yang terbuat dari bahan karpet dan kertas yang kami bentuk dan hias
sesuai konsep yang kami kenalkan yang bertujuan untuk mengembangkan dan
meningkatkan motorik halus siswa siswi yang ada di TK Permata Bunda. Dari hasil
praktik media tersebut saya mengetahui hasil kerja dari bebrapa anak yang
memang perkembangan motorik halusnya berbeda-beda sesui hasil kerja yang siiwa
siswi lakukan.
E. SARAN
1. Mahasiswa/Mahasiswi
Mahasiswa/Mahasiswi
harus lebih belajar Mengenal dan mendalami lagi tentang karakteristik pembelajaran Anak usia dini dan lebih meningkatkan
kreativitas untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih kreatif dan
inovatif karena sangat berguna bagi calon pendidik PAUD dimasa yang akan
datang.
2. Guru
Pendidikan Anak Usia Dini
Guru
seharusnya juga harus lebih belajar meningkatkan kreativitas dan kinerja
mengajar yang lebih kreatif agar anak lebih tertarik untuk belajar dengan
menyenangkan karena mengingat kebutuhan belajar pada siswa yang semakin beragam
oleh karena itu semakin luas pengetahuan dan wawasan sebagai pendidik PAUD
LAMPIRAN
DOKUMENTASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar