hallo... kali ini saya menulis beberapa contoh soal-sola dalam statistika ...semoga dapat bermanfaat, jangan lupa suport blog saya dengan mengikuti blok ini ... terimaksih
1. Penelitian dilakukan mengenai modal sosial peserta pelatihan progran pengasuhan (P), Pemberian makanan tambahan (M) dan kursus perawatan bayi (KC). Ingin dibandingkan kualitas modal sosial peserta pada 3 program tersebut. Sampel yang diambil adalah 17 peserta program Pengasuhan, 18 peserta program pemberian Gisi dan 16 peserta program perawatan bayi kecantikan. Hasilnya diperoleh pada tabel.
P |
5 |
6 |
7 |
4 |
8 |
6 |
4 |
3 |
4 |
6 |
7 |
6 |
8 |
3 |
4 |
6 |
4 |
|
G |
6 |
5 |
4 |
3 |
5 |
4 |
5 |
6 |
3 |
6 |
3 |
5 |
5 |
7 |
6 |
6 |
3 |
5 |
KC |
5 |
6 |
6 |
3 |
4 |
6 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
6 |
6 |
4 |
3 |
4 |
|
|
Sehingga pengolahan data nya sebagai berikut :
P |
Kelompok |
M |
Kelompok |
KC |
kelompok |
5 |
1 |
6 |
2 |
5 |
3 |
6 |
1 |
5 |
2 |
6 |
3 |
7 |
1 |
4 |
2 |
6 |
3 |
4 |
1 |
3 |
2 |
3 |
3 |
8 |
1 |
5 |
2 |
4 |
3 |
6 |
1 |
4 |
2 |
6 |
3 |
4 |
1 |
5 |
2 |
4 |
3 |
3 |
1 |
6 |
2 |
5 |
3 |
4 |
1 |
3 |
2 |
6 |
3 |
6 |
1 |
6 |
2 |
7 |
3 |
7 |
1 |
3 |
2 |
8 |
3 |
6 |
1 |
5 |
2 |
6 |
3 |
8 |
1 |
5 |
2 |
6 |
3 |
3 |
1 |
7 |
2 |
4 |
3 |
4 |
1 |
6 |
2 |
3 |
3 |
6 |
1 |
6 |
2 |
4 |
3 |
4 |
1 |
3 |
2 |
|
|
|
|
5 |
2 |
|
|
Lakukan uji :
a. Rumuskan judul Penelitiannya?
Perbedaan Modal Sosial peserta
pelatihan melalui program Pengasuhan (P), Pemberian Makanan
Tambahan (M), dan Kursus Perawatan Bayi (KC).
b. Rumuskan tujuannya?
Uuntuk mengetahui perbedaan Modal Sosial peserta
pelatihan melalui program Pengasuhan (P), Pemberian Makanan Tambahan (M), dan
Kursus Perawatan Bayi (KC).
c. Rumuskan Hipotesisnya?
H0 : Tidak ada perbedaan
Modal Sosial peserta pelatihan melalui program Pengasuhan (P), Pemberian
Makanan Tambahan (M), dan Kursus Perawatan Bayi (KC).
H1 : Ada perbedaan
Modal Sosial peserta pelatihan melalui program Pengasuhan (P), Pemberian
Makanan Tambahan (M), dan Kursus Perawatan Bayi (KC).
d. Lakukan Analisisnya?
Karena data Non Parametrik (NP) dan mencari
perbedaan pada Variabel terikat dan Varibel Bebas, maka bisa menggunakan Uji Kruskall Walls.
e. Berikan Interpretasinya?
Taraf signifikansi =
0,05
Kriteria pengujian
: H0 Ditolak jika nilai P < 0,05 atau
dari tingkat signifikansi.
H1 Diterima
jika nilai P > 0,05 atau dari tingkat signifikansi.
f. Simpulkan?
-
Jika hasil P > 0,05 maka Ho
diterima H1 ditolak, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara program Pengasuhan (P), Pemberian Makanan Tambahan
(M), dan Kursus Perawatan Bayi (KC).
-
Jika hasil P < 0,05 Maka H1 diterima dan H0 ditolak,
artinya ada perbedaan yang signifikan antara program
Pengasuhan (P), Pemberian Makanan Tambahan (M), dan Kursus Perawatan Bayi (KC).
-
Tabel Test
statistik
Ranks |
|||
|
Kelompok |
N |
Mean Rank |
Modal sosial |
kelompok 1 |
17 |
28.15 |
kelompok 2 |
18 |
23.28 |
|
kelompok 3 |
16 |
26.78 |
|
Total |
51 |
|
Test Statisticsa,b |
|
|
Modal sosial |
Chi-Square |
1.056 |
Df |
2 |
Asymp. Sig. |
.590 |
a. Kruskal Wallis Test |
|
b. Grouping Variable:
kelompok |
-
Diperoleh
nilai Asymp sig sebesar 0,590 > 0,05 maka dapat disimpulkan H0 diterima H1
ditolak, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara program Pengasuhan (P), Pemberian Makanan Tambahan (M), dan Kursus
Perawatan Bayi (KC).
3.
Hasil pengambilan data sampel sebanyak 30 siswa diperoleh pasangan data
ulangan dan motivasi sebagai berikut:
Motivasi
(X) |
|
Ulangan
(Y) |
|
5 |
7 |
3 |
7 |
5 |
7 |
4 |
7 |
5 |
7 |
5 |
7 |
5 |
7 |
5 |
8 |
5 |
7 |
6 |
8 |
5 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
6 |
8 |
7 |
9 |
6 |
9 |
7 |
9 |
7 |
9 |
7 |
9 |
7 |
9 |
7 |
9 |
7 |
9 |
7 |
9 |
Sehingga
pengolahan datanya sebagai berikut :
MOTIVASI
(X) |
ULANGAN
(Y) |
kode |
5 |
6 |
1 |
5 |
4 |
1 |
5 |
7 |
1 |
5 |
6 |
1 |
5 |
6 |
1 |
5 |
7 |
1 |
6 |
7 |
1 |
6 |
8 |
1 |
6 |
5 |
1 |
6 |
6 |
1 |
6 |
7 |
1 |
6 |
8 |
1 |
7 |
8 |
2 |
7 |
7 |
2 |
7 |
9 |
2 |
7 |
8 |
2 |
7 |
8 |
2 |
7 |
6 |
2 |
7 |
3 |
2 |
7 |
5 |
2 |
8 |
7 |
2 |
8 |
9 |
2 |
8 |
9 |
2 |
8 |
9 |
2 |
8 |
6 |
2 |
8 |
9 |
2 |
9 |
8 |
2 |
9 |
8 |
2 |
9 |
7 |
2 |
9 |
7 |
2 |
6,866666667 |
Jika seorang
peneliti ingin mengamati perbedaan motivasi siswa.
a.
Rumuskan judul penelitian?
-
Perbedaan Motivasi (X) pada
hasil ulangan (Y) siswa.
b. Rumuskan masalah ?
- Apakah terdapat Perbedaan
Motivasi (X) pada hasil ulangan (Y)
siswa?
c. Rumuskan Tujuan ?
- Untuk melihat Perbedaan
Motivasi (X) pada hasil ulangan (Y)
siswa.
d. Rumuskan Hipotesis alternatif ?
Ha : tidak terdapat perbedaan motivasi (X)
terhadap ulangan (Y) siswa.
H1 : terdapat perbedaan
motivasi (X) terhadap ulangan (Y) siswa.
e. Lakukan analisa (tendensi sentral
dan uji t) ?
Untuk melihat perbedaan
tinggi dan rendah motivasi (X) terhadap ulangan (Y) siswa. maka
uji yang dipakai adalah Mann Withney U. Karena kelompok atas dan
kelompok bawah terpisah atau data unrelatead.
f. Beri ulasan dari hasil analisis interpretasinya ?
Ranks |
|
|||||
|
Motivasi |
N |
Mean Rank |
Sum of Ranks |
||
Hasil
ulangan |
motivasi rendah |
12 |
11.46 |
137.50 |
||
motivasi tinggi |
18 |
18.19 |
327.50 |
|||
Total |
30 |
|
|
|||
Test Statisticsb |
|
|||||
|
hasil ulangan |
|
||||
Mann-Whitney U |
59.500 |
|
||||
Wilcoxon W |
137.500 |
|
||||
Z |
-2.099 |
|
||||
Asymp. Sig. (2-tailed) |
.036 |
|
||||
Exact Sig. [2*(1-tailed
Sig.)] |
.039a |
|
||||
a. Not corrected for ties. |
|
|||||
b. Grouping Variable:
motivasi |
|
|||||
Jika Sig hitung < 0,05
maka Ha ditolak dan H1 diterima.
Jika Sig hitung > 0,05
maka Ha diterima dan H1 ditolak.
Berdasarkan output test statistik diketahui nilai
Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0.036 > 0.05 maka Ha diterima dan H1 ditolak
sehingga tidak ada perbedaan antara variabel X dengan Variabel Y. Maka dapat
disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat di katakan ada
perbedaan antara motivasi yang tinggi dan rendah secara siginifikan maka
dikatakan ada pengaruh Motivas Belajar (X)
Terhadap Hasil Ulangan (Y) siswa.
4. Diperoleh hasil data
sebgai berikut :
No |
X1 |
X2 |
Y |
1 |
80 |
51 |
71 |
2 |
82 |
52 |
75 |
3 |
76 |
70 |
81 |
4 |
84 |
46 |
79 |
5 |
88 |
60 |
69 |
6 |
86 |
52 |
74 |
7 |
86 |
56 |
66 |
8 |
84 |
56 |
73 |
9 |
90 |
58 |
69 |
10 |
98 |
57 |
81 |
11 |
88 |
50 |
87 |
12 |
93 |
54 |
72 |
13 |
82 |
54 |
87 |
14 |
85 |
70 |
72 |
15 |
80 |
46 |
69 |
16 |
76 |
61 |
73 |
17 |
84 |
52 |
69 |
18 |
86 |
56 |
81 |
19 |
86 |
58 |
87 |
20 |
85 |
56 |
75 |
21 |
84 |
60 |
87 |
22 |
94 |
55 |
75 |
23 |
91 |
54 |
84 |
24 |
84 |
46 |
63 |
25 |
80 |
52 |
81 |
26 |
76 |
50 |
66 |
27 |
67 |
49 |
69 |
28 |
91 |
56 |
75 |
29 |
88 |
58 |
81 |
30 |
80 |
48 |
63 |
31 |
90 |
60 |
80 |
32 |
91 |
56 |
77 |
33 |
82 |
54 |
70 |
34 |
80 |
52 |
69 |
35 |
95 |
62 |
86 |
36 |
94 |
54 |
74 |
37 |
94 |
56 |
80 |
38 |
87 |
56 |
75 |
39 |
91 |
52 |
75 |
40 |
84 |
54 |
77 |
41 |
86 |
46 |
65 |
42 |
76 |
52 |
84 |
43 |
67 |
50 |
82 |
44 |
91 |
49 |
75 |
45 |
88 |
56 |
81 |
46 |
80 |
58 |
75 |
47 |
92 |
46 |
75 |
48 |
91 |
58 |
74 |
49 |
80 |
54 |
65 |
50 |
86 |
56 |
78 |
a.
Rumuskan Judul Penelitiannya?
-
Pengaruh Perbedaan Metode Eksperiment (X1) Pada Pembelajaran Sains (X2)
Terhadap Prestasi Belajar (Y) Anak.
b.
Rumuskan Tujuannya?
1.
Untuk mengetahui kontribusi antara X1 terhadap Y.
2.
Untuk mengetahui kontribusi antara X2 terhadap Y.
3.
Untuk mengetahui kontribusi antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap
Y.
c.
Rumuskan Masalahnya?
1.
Apakah terdapat kontribusi antara X1 terhadap Y?
2.
Apakah terdapat kontribusi antara X2 terhadap Y?
3.
Apakah terdapat kontribusi antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y?
d.
Rumusan Hipotesisnya?
1.
Hipotesis pertama
-
Ha : tidak terdapat kontribusi yg
signifikan antara X1 terhadap Y
-
H1 : terdapat kontribusi yang
signifikan antara X1 terhadap Y
2.
Hipotesis kedua
-
Ha : tidak terdapat kontribusi yg
signifikan antara X2 terhadap Y
-
H1 : terdapat kontribusi yang
signifikan antara X2 terhadap Y
3.
Hipotesis ketiga
-
Ha : tidak terdapat kontribusi yang
signifikan antara X1 dan X2 terhadap Y.
-
H1 : terdapat kontribusi yang
signifikan antara X1 dan X2 terhadap Y.
e.
Lakukan Analisis Datanya (data Deskripsi, uji Asumsi dan Uji Hipotesisnya?
Analisinya menggunakan
regresi ganda. Karena untuk melihat pengaruh perbedaan varibel X1 terhadap Y,
X2 terhadap Y, X1 dan X2 terhadap Y. Taraf
signifikansi = 0,05
Kriteria pengujian
-
jika Sig hitung < 0,05 maka H0
ditolak dan H1 diterima.
-
Jika Sig hitung > 0,05 maka H0
diterima dan H1 ditolak.
f.
Berikan analisisnya?
-
HI : Terdapat pengaruh
perbedaan varibel X1 terhadap Y.
H2
: Terdapat kontribusi yang signifikan
antara X2 terhadap Y
H3 : Terdapat pengaruh varibel
X1 terhadap Y, X2 terhadap Y, X1 dan X2 terhadap Y.
-
Uji hipotesis :
T tabel = (α/2
: n – k – 1)
= 0,05/2 : 50 – 2 – 1
= 0,025 : 47
= 2,012
F tabel = F ( K : n – k )
= F ( 2 : 50 – 2 )
= F ( 2 : 48 )
= 3,19
Coefficientsa |
||||||||||||||
Model |
Unstandardized
Coefficients |
Standardized Coefficients |
t |
Sig. |
Collinearity Statistics |
|||||||||
B |
Std. Error |
Beta |
Tolerance |
VIF |
||||||||||
1 |
(Constant) |
43.963 |
14.011 |
|
3.138 |
.003 |
|
|
||||||
Pembelajaran sains X2 |
.361 |
.176 |
.287 |
2.059 |
.045 |
.972 |
1.028 |
|||||||
Metode eksperimen X1 |
.138 |
.140 |
.137 |
.988 |
.328 |
.972 |
1.028 |
|||||||
a. Dependent Variable: Prestasi
belajar Y |
|
|
|
|
|
|
||||||||
ANOVAb |
||||||
Model |
Sum of Squares |
Df |
Mean Square |
F |
Sig. |
|
1 |
Regression |
243.695 |
2 |
121.847 |
3.029 |
.058a |
Residual |
1890.485 |
47 |
40.223 |
|
|
|
Total |
2134.180 |
49 |
|
|
|
|
a. Predictors: (Constant),
Metode eksperimen X1, Pembelajaran sains X2 |
|
|||||
b. Dependent Variable:
Prestasi belajar Y |
|
|
|
-
Pengujian
hipotesis (H1) = Diketahui nilai sig
untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,328 < 0.05 dan nilai t hitung
0,988 < T tabel 2.012, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak yang
berarti tidak dapat pengaruh X1 terhadap Y.
-
Pengujian
hipotesis (H2) = Diketahui nilai sig untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah
sebesar 0.045 < 0,05 dan nilai T hitung 2.059 > T tabel 2,012 sehingga
dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap
Y .
-
Pengujian
Hipotesis (H3) = diketahui nilai sig adalah
0.058 > 0.05 dan nilai F Hitung sebesar 3.029 < 3191 sehingga dapat
disimpulkan bahwa H3 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh X1 dan X2
secara Silmultan.
Model Summaryb |
|||||
Model |
R |
R Square |
Adjusted R Square |
Std. Error of the
Estimate |
Durbin-Watson |
1 |
.338a |
.114 |
.076 |
6.34217 |
2.420 |
a. Predictors:
(Constant), Metode eksperimen X1, Pembelajaran sains X2 |
|||||
b. Dependent Variable:
Prestasi belajar Y |
|
|
Tabel koefision determinasi berfungsi untuk mengethaui berapa persen
pengaruh yang diberikan variabel X secara simultan terhadap variabel Y.
Sehingga berdasarkan output diatas. Dapat diketahui Nilai R Square sebesar 0.114 hal ini mengandungan arti bahwa
pengaruh Variabel X terhadap Varibel Y secara simultan sebesar 11,4%.
5. Seorang mahasiswa akan melakukan ekperimen dengan
menerapkan pembelajaran berbasis Pojok kreatif pada anak kelompok B. Dalam
penerapannya sangat memperhatikan kemandirian anak. Selama proses pembelajaran
dilakukan observasi di peroleh sebagai berikut : Hasil belajar kelompok anak
yang belajar dengan pembelajaran berbasis Pojok Kreatif (PK) dan kelompok siswa
yang belajar dengan pembelajaran Permainan Luar Kelas (PLK) sebagai berikut :
No |
PK |
PPLK |
Kemandirian (PK) |
1 |
91 |
52 |
75 |
2 |
88 |
70 |
81 |
3 |
80 |
46 |
75 |
4 |
94 |
61 |
75 |
5 |
91 |
52 |
77 |
6 |
82 |
58 |
65 |
7 |
82 |
58 |
84 |
8 |
97 |
57 |
87 |
9 |
98 |
56 |
75 |
10 |
90 |
58 |
73 |
11 |
88 |
50 |
72 |
12 |
93 |
54 |
69 |
13 |
82 |
52 |
87 |
14 |
85 |
70 |
75 |
15 |
80 |
46 |
81 |
16 |
76 |
61 |
75 |
17 |
84 |
52 |
69 |
18 |
90 |
58 |
81 |
19 |
86 |
58 |
87 |
20 |
88 |
58 |
81 |
21 |
84 |
60 |
82 |
22 |
94 |
55 |
70 |
23 |
91 |
54 |
69 |
24 |
84 |
46 |
81 |
25 |
86 |
52 |
87 |
26 |
76 |
50 |
81 |
27 |
67 |
49 |
82 |
28 |
91 |
56 |
70 |
29 |
88 |
58 |
73 |
30 |
80 |
48 |
75 |
31 |
94 |
58 |
77 |
32 |
91 |
58 |
77 |
33 |
82 |
54 |
72 |
34 |
82 |
52 |
69 |
35 |
97 |
65 |
87 |
36 |
94 |
54 |
75 |
37 |
90 |
58 |
81 |
38 |
87 |
56 |
75 |
39 |
88 |
52 |
81 |
40 |
85 |
55 |
63 |
41 |
86 |
46 |
69 |
42 |
88 |
52 |
69 |
43 |
84 |
66 |
81 |
44 |
88 |
64 |
87 |
45 |
92 |
58 |
81 |
46 |
94 |
58 |
82 |
47 |
82 |
50 |
70 |
48 |
88 |
52 |
73 |
49 |
64 |
||
50 |
58 |
1.
Rumuskan Judul Penelitiannya?
Pengaruh perbedaan pembelajaran berbasis pojok kreatif (PK) dan Permainan
Luar Kelas (PLK) terhadap hasil belajar ditinjau dari kemandirian anak.
2. Rumuskan Tujuannya?
-
Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok anak yang
diajar dengan model pembelajran PK dan PLK
-
Untuk mengetahui hasil belajar antara kelompok anak yang memiliki mandiri
tinggi dan anak yang memiliki kemandirian rendah.
-
Untuk mengetahui interaksi pengaruh model pembelajran dan kemandirian anak
terhadap hasil belajar.
3. Rumuskan Hipotesisnya?
Apakah terdapat perbedaan hasil belajar anak pada pembelajaran berbasik pojok kreatif (PK)
dan permainan luar kelas (PLK)?
a.
Ha : tidak terdapat perbedaan hasil belajar anak pada pembelajaran berbasik pojok kreatif (PK)
dan permainan luar kelas (PLK)
H1 : terdapat perbedaan hasil
belajar anak pada pembelajaran berbasik
pojok kreatif (PK) dan permainan luar kelas (PLK)
b.
Ha : tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok anak yang
memiliki mandiri tinggi dan anak yang memiliki kemandirian rendah.
H2 : terdapat perbedaan hasil
belajar antara kelompok anak yang memiliki mandiri tinggi dan anak yang
memiliki kemandirian rendah.
c.
Ha : tidak terdapat perbedaan interaksi pengaruh model pembelajran dan
kemandirian anak terhadap hasil belajar.
H3 : terdapat perbedaan interaksi
pengaruh model pembelajran dan kemandirian anak terhadap hasil belajar.
d. Lakukan Analisis Datanya (data
Deskripsi, uji Asumsi dan Uji Hipotesisnya?
Analisis datanya menggunakan analisi anova 2 jalur, untuk melihat perbedaan
variabel bebas X terhadap variabel
terikat Y.
1.
Uji normalitas
a.
Jika nilai sig < 0,05 maka nilai residual standart normal.
b.
Jika nilai sig > 0,05 maka nilai redisual standart tidak normal.
Diketahui nilai sig
sebesar 0,383 > 0,05 maka data berdistribusi normal.
Tests of Normality |
||||||
|
Kolmogorov-Smirnova |
Shapiro-Wilk |
||||
|
Statistic |
Df |
Sig. |
Statistic |
Df |
Sig. |
Standardized Residual for hasil |
.066 |
98 |
.200* |
.986 |
98 |
.383 |
a. Lilliefors Significance Correction |
|
|
|
|
||
*. This is a lower bound of the true significance. |
|
|
|
2.
Uji homogenitas
a.
Pada output spss tabel between- subjects faktor tampak untuk varibael
pembelajaran pojok kreatif (PK) dan permainan luar kelas (PLK) terdapat 2 level
kategori dan juga kemandirian terdapat 2 level kategori.
Between-Subjects Factors |
|||
|
|
Value Label |
N |
PK dan PLK |
1 |
PK |
48 |
2 |
PLK |
50 |
|
kemandirian |
1 |
Rendah |
46 |
2 |
Tinggi |
52 |
b. Pada output deskriptif statistik
diketahui nilai rata-rata mean hasil belajar pojok keratif (PK) permainan luar
kelas (PLK) yang didasarkan pada kemnadirian anak.
PK Rendah =
87.3250
Tinggi = 86.7083
=
87.0417
PLK Rendah = 54.5909
Tinggi = 56.5714
= 55.7000
Descriptive Statistics |
||||
Dependent Variable:Hasil Belajar |
|
|||
PK dan PLK |
kemandirian |
Mean |
Std. Deviation |
N |
PK |
Rendah |
87.3750 |
5.41184 |
24 |
Tinggi |
86.7083 |
6.75329 |
24 |
|
Total |
87.0417 |
6.06335 |
48 |
|
PLK |
Rendah |
54.5909 |
5.50895 |
22 |
Tinggi |
56.5714 |
5.81460 |
28 |
|
Total |
55.7000 |
5.71161 |
50 |
|
Total |
Rendah |
71.6957 |
17.41502 |
46 |
Tinggi |
70.4808 |
16.38925 |
52 |
|
Total |
71.0510 |
16.80168 |
98 |
c.
Berdasarkan Output spss tabel Lavenne test, diperoleh nilai sig sebesar
0.895. karena nilai sig 0.895 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa varian variabel
hasil belajar dari pembelajaran pojok kreatif (PK) dan permainan luar kelas
(PLK) adalah homogen sehingga asumsi homogenitas didalam uji anava 2 jalur terpenuhi.
d. Berdasarkan Output spss
tabel between subject effect
Tests of Between-Subjects Effects |
|||||
Dependent Variable:Hasil Belajar |
|
|
|
|
|
Source |
Type III Sum of Squares |
df |
Mean Square |
F |
Sig. |
Corrected Model |
24109.986a |
3 |
8036.662 |
230.829 |
.000 |
Intercept |
494614.117 |
1 |
494614.117 |
1.421E4 |
.000 |
Model |
24066.867 |
1 |
24066.867 |
691.247 |
.000 |
Kemandirian |
10.494 |
1 |
10.494 |
.301 |
.584 |
model * kemandirian |
42.599 |
1 |
42.599 |
1.224 |
.271 |
Error |
3272.759 |
94 |
34.817 |
|
|
Total |
522111.000 |
98 |
|
|
|
Corrected Total |
27382.745 |
97 |
|
|
|
a. R Squared = ,880 (Adjusted R Squared = ,877) |
|
|
e. Kesimpulan
1.
Diperoleh nilai sih sebesar 0.000 < 0.05 sehingga hipotesis alternatif
pertama H1 diterima dan Ha ditolak dapat
disimpulkan ada perbedaan hasil belajar pada pembelajaran pojok kreatif (PK) dan permainan
luar kelas (PLK) bersadarkan variabel faktor.
2.
Diperoleh nilai sig sebesar 0.584 > 0.05 sehingga hipotesis alternatif kedua H2 ditolak
dan Ha diterima. dapat disimpulkan tidak ada perbedaan hasil
belajar anak berdasarkan pada kemandirian.
3. Diperoleh nilai sig
sebesar 0.271 > 0.05 sehingga hipotesis alternatif ketiga H3 ditolak dan
Ha diterima dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi model belajar pojok kretaif
(PK) permainan luar skeolah (PLK) dengan kemandirian anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar